penelitian kuantitatif

PENGARUH IRINGAN MUSIK KLASIK DALAM MENINGKATKAN INTELEGENSI ANAK

METODE PENELITIAN

A. Jenis Penelitian

Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian kuantitatif karena data-data yang diperoleh dalam penelitian itu berupa angka-angka, sehinggga untuk mengetahui data-data tersebut valid atau tidak, perlu diuji dengan mengunakan analisis statistik. Dan format penelitian yang digunakan dalam penelitian itu adalah eksplanasi, eksperimen karena dimaksudkan untuk menggambarkan suatu generalisi atau menjelaskan hubungan sutu variabel dengan variabel yang lainnya. Dengan menggunakan eksdperimen atau treatment-treatment.

B. Definisi Operasional

Variabel X =  musik klasik

Musik klasik yaitu musik yang memiliki iram tertur dan nada-nada teratur, bukan nada-nada miring, yang mampu mengubah kekacauan dan deharmoni menjadi keteraturan, harmoni, konsistensi, logika inspirasi dan kegembiraan.

Variabel Y = Intelegensi

Intelegensi yaitu kemampuan-kemampuan khusus yang dimiliki seseorang yang meliputi kemampuan abstraksi, kemampuan mekanika dan kemampuan sosial.

C. Instrumen

Penelitian ini menggunakan alat ukur berupa tes IQ. Dimana test ini dsiberikan kepada dua kelompok (sampel). Kelompok I adalah kelompok yang dites tanpa diberi iringan musik klasik sebelumnya. Sedangkan kelompok II adalah kelompok yang sebelum dites telah diberikan iringan musik klasik dengan wqaktu yang telah ditentukan.

Hasil dari kedua sampel tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik, sehingga dapat diketahui apakah terdapat hubungan antara musik klasik dengan intelegensi atau tidak.

 

 

D. Populasi

Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah anak-anak TK AL-AMIN TUNGGUL PACIRAN LAMONGAN.

E. Tekhnik Samping

Tehnik samling yang digunakan adalah STRATIFIED RANDOM SAMPLING. Karena populasi dalam penelitian ini menunjukkan sifat berstrata. Dimana sampel yang diambil adalah anak kelas A dan anak kelas B TK AL-AMIN TUNGGUL PACIRAN LAMONGAN.

X+X+X+X+X+

X+X+X+X+X+

X+X+X+X+X+

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan :

X = anak kelas A

+ = anak kelas B

Iklan

About ahmad

saya dilahirkan dilamongan tepatnya di ds wonorejo dsn lengkong Rt1 Rw1, kec glagah kab Lamongan. saya juga merupakan Mahasiswa IAIN SUNAN AMPEL SURABAYA. yang terakhir saya ucapkan terimakasih kepada kedua urangtuaku, saudara-saudaraku, guru-guruku yang telah membimbing dan menyayangiku. dan taklupa pula kepada teman-taman yang selalu ada ketika kesedihan menimpaku. pesanku" jadilah dirimu bunga melati yang memberikan keharuman disetiap orang yang lewat" "sebaik-baik umat adalah yang bermanfaat bagi orang lain"

Posted on Desember 31, 2010, in MY live. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: