KESEMPATAN

Saat sebuah kesempatan datang menghampiri kita,maka akan ada 3 kemungkinan reaksi kita terhadap datangnya kesempatan tersebut.

Yang pertama: kita biarkan kesempatan tersebut berlalu begitu saja karena kita merasa belum/i intidak merasa perlu untuk menggunakan kesempatan tersebut.Toh nanti akan datang kesempatan kedua, ketiga dan seterusnya. Kita berjanji suatu saat nanti kesempatan itu akan kita manfaatkan.

Yang kedua : Kita manfaatkan kesempatan itu dengan segera, karena kita berkeyakinan tidak akan ada datangnya kesempatan yang kedua!

Yang ketiga : kita buang kesempatan itu begitu saja, dan seandainya ada kesempatan yang sama datang lagi akan kita hiraukan. Kita tegas pada diri sendiri bahwa kita tidak memerlukan kesempatan tersebut.

Tamu istimewa dan sahabat semua, saya tidak akan memberikan penilaian mana yang terbaik dari ketiga sikap di atas. Semua saya serahkan pada kebijaksanaan Anda dalam menilai, karena ada 3 tipe manusia melihat datangnya sebuah kesempatan, yaitu :

1. Orang yang lemah, menunggu kesempatan.
2. Orang yang kuat, menciptakan kesempatan.
3. Orang yang bijak, memanfaatkan kesempatan.

Bagi orang yang lemah, bila kesempatan belum datang dia akan menunggu dan menunggu dengan sabar sampai kesempatan itu datang. Dan apabila sekian lama ditunggu kesempatan itu belum juga datang, maka dia akan mengambil keputusan…. yach,ini memang sudah nasibku.

Bagi orang yang kuat, bila kesempatan belum datang dia akan menggunakan berbagai macam cara dan rekadaya, dengan segenap kreatifitas, koneksitas, dan segenap kemampuannya untuk menciptakan kesempatan itu ada/datang padanya. Orang tipe seperti ini mempunyai prinsip kesempatan tidak datang begitu saja, tetapi kesempatan harus dicari atau diciptakan.

Bagi orang cerdik/bijak, dia akan memanfaatkan kesempatan dengan sebaik-baiknya, karena dia menyadari bahwa kesempatan adalah karunia yang sangat berharga dan belum tentu kesempatan itu akan datang untuk kedua kali.

Dalam realita memang pada kondisi tertentu,munculnya kesempatan itu mungkin butuh pematangan waktu. Kita perlu menunggu sesaat, tetapi bukan dengan sikap yang pasif. Sebaliknya, kita menunggu kesempatan itu dengan sikap waspada, proaktif dan penuh kesiapan.

Kesempatan merupakan salah satu faktor yang harus dimiliki bagi siapa saja yang mau mengembangkan diri. Tanpa kesempatan yang tersedia, tidak mungkin kita bisa sukses. Oleh sebab itu bila kesempatan belum datang, kita harus berusaha menciptakannya, bahkan di dalam kesulitan pun, jika kita mempunyai keuletan untuk berusaha terus menerus, suatu hari, kesempatan itu insyaAllah akan datang.

Pastikan dengan segenap kreatifitas, kerja keras, keuletan dan niat baik kita ciptakan kesempatan, manfaatkan kesempatan untuk mengembangkan diri semaksimal mungkin dan memperoleh kehidupan yang lebih baik, lebih sukses, dan lebih berarti.

Ada 5 kesempatan yang patut segera kita manfaatkan sebelum datang 5 hal yang lain,yaitu :

1. Manfaatkan masa mudamu dengan sebaik-baiknya, sebelum datang masa tuamu.

2. Manfaatkan masa kayamu, sebelum datang miskinmu.

3. Manfaatkan masa luangmu, sebelum datang masa sempitmu.

4. Manfaatkan masa sehatmu, sebelum datang masa sakitmu.

5. Manfaatkan masa hidupmu, sebelum datang ajalmu.

Akhirnya, saya mengajak tamu istimewa dan sahabat semua untuk segera memanfaatkan waktu, peluang dan kesempatan dengan sebaik-baiknya untuk kebaikan diri sendiri, keluarga dan sesama (orang lain).

Semoga kita menjadi orang yang sukses. Baik sukses di dunia maupun sukses di akherat…amin.Mudah-mudahan meskipun kecil ada manfaatnya.

Salam hangat dan jabat erat dariku.

Iklan

About ahmad

saya dilahirkan dilamongan tepatnya di ds wonorejo dsn lengkong Rt1 Rw1, kec glagah kab Lamongan. saya juga merupakan Mahasiswa IAIN SUNAN AMPEL SURABAYA. yang terakhir saya ucapkan terimakasih kepada kedua urangtuaku, saudara-saudaraku, guru-guruku yang telah membimbing dan menyayangiku. dan taklupa pula kepada teman-taman yang selalu ada ketika kesedihan menimpaku. pesanku" jadilah dirimu bunga melati yang memberikan keharuman disetiap orang yang lewat" "sebaik-baik umat adalah yang bermanfaat bagi orang lain"

Posted on September 13, 2013, in MY live. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: