pru motivator MERUMUSKAN SASARAN PRIBADI DENGAN METODE “SMART

MERUMUSKAN SASARAN PRIBADI DENGAN METODE “SMART”

Kita patut bersyukur pada sosok-sosok yang telah membuat istilah yang mudah diingat untuk merumuskan target yang mau dicapai. Istilah SMART misalnya, sangat menolong untuk merumuskan sasaran hidup kita.

Untuk me-refresh Anda terhadap istilah ini, saya tuliskan ulang apa yang dimaksud dengan istilah yang sering digunakan para pekerja di kantor.

S adalah singkatan dari ‘specific.’ Artinya, sasaran pribadi Anda harus jelas. Tidak mudah mengambil langkah-langkah praktis bila tujuan tidak jelas. Membaca buku misalnya, dapat memberikan ide apa yang akan dilakukan, tapi masih memberikan banyak kemungkinan. Bila sasarannya dipersempit menjadi ‘membaca buku sejarah’- ini memberikan tindakan yang lebih jelas.

M adalah singkatan dari measurable. Artinya, target pribadi Anda harus terukur. Itu bisa berupa waktu, kualitas, uang, dan ukuran lainnya sesuai dengan kebutuhan. Mengambil contoh sebelumnya, Anda akan membaca buku Menjadi Indonesia sampai selesai dalam waktu satu bulan.

A adalah singkatan dari aggressive. Artinya, tujuan Anda cukup menantang dan ada perkembangan dalam kurun waktu tertentu. Misalnya, Anda membaca buku Menjadi Indonesia sebanyak 25 halaman setiap hari.

R adalah singkatan dari realistics. Artinya, Anda memiliki waktu untuk membaca 25 halaman setiap hari. Bila Anda mempunyai kesibukan yang sangat banyak- membaca buku sebanyak 25 halaman setiap hari mungkin tidak realistis.

T adalah singkatan dari time-bound. Artinya, tujuan Anda akan dicapai dalam kurun waktu tertentu. Misalnya, Anda selesai membaca buku Menjadi Indonesia dalam waktu satu bulan.

Metode SMART di atas bisa membantu Anda untuk merumuskan sasaran pribadi Anda.

Tujuan hidup Anda tentu berbeda dengan saya. Tiap orang mempunyai karunia, talenta dan pekerjaan yang berbeda.

Sisihkanlah waktu Anda untuk merumuskan paling tidak 5 hal terpenting untuk Anda capai di tahun ini.

Iklan

About ahmad

saya dilahirkan dilamongan tepatnya di ds wonorejo dsn lengkong Rt1 Rw1, kec glagah kab Lamongan. saya juga merupakan Mahasiswa IAIN SUNAN AMPEL SURABAYA. yang terakhir saya ucapkan terimakasih kepada kedua urangtuaku, saudara-saudaraku, guru-guruku yang telah membimbing dan menyayangiku. dan taklupa pula kepada teman-taman yang selalu ada ketika kesedihan menimpaku. pesanku" jadilah dirimu bunga melati yang memberikan keharuman disetiap orang yang lewat" "sebaik-baik umat adalah yang bermanfaat bagi orang lain"

Posted on April 15, 2015, in PRUDENTIAL COMMUNITY. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: